Selasa, 23 April 2019

Jangan Terlama Duduk, Itu Bisa Sebabkan Sakit Punggung dan Gangguan Tidur

Back To News - Duduk terlalu lama di depan komputer untuk mengerjakan laporan keuangan atau menyusun program atas saran bos menjadi dilema yang dihadapi kaum pekerja. Padahal, duduk juga bisa menjadi pemicu bermunculannya penyakit. 
Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang mematikan. 
Postur tubuh membungkuk
Terlalu lama duduk bisa menganggu bentuk tubuhmu. Hati-hati, tubuhmu bisa saja membungkuk. Itu dikarenakan karena duduk terlalu lama dan terus menerus. 
“Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak, bukan untuk selalu duduk,” kata Julie Barber, konsultan fisio terapi, dilansir The Sun pada Minggu (21/4). 
Penelitian menyarankan agar tubuh selalu bergerak untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Maklum, jika terlalu lama duduk, maka orang cenderung akan mengalami rasa nyeri di punggung. Dengan sering bergerak, tulang dan otot di punggung bisa rileks.
Apa solusinya? Kamu harus membuat alarm di ponsel untuk bisa sering bangun dari tempat dudukmu. Bisa diatur setiap 20 menit atau 30 menit. Asal jangan tiap lima menit saja. 
Alangkah baiknya kamu bisa berjalan-jalan setiap satu jam. Cukup jalan-jalan di sekitar kantor. Jangan pergi ke luar kantor, nanti kamu bisa dipecat oleh bosmu.
Tidur terganggu
Apakah kamu terganggu saat tidur di malam hari. Cobalah berpikir sejenak, jangan-jangan kamu kurang tidur. 
Dr Katharina Lederle, pakar tidur dari Somnia, mengungkapkan jam tubuh di otak akan mengatur tubuh apakah siang atau malam hari untuk tidur dan bagaimana meresponsnya.
“Kita memiliki reseptor di mata dan kebutuhkan paparan sinar. Jika kita tidak mendapatkan cahaya natural, maka tubuh akan mengalami gangguan tidur,” ujarnya. 
Untuk bisa tidur nyenyak, sebaiknya kamu beristirahat dengan baik. Paling penting, hindari kafein sebelum jam tiga sore.
Penyakit tulang
Nicola Williams, dokter di West Yorks, Inggris, mengungkapkan gangguan pada pekerja keras adalah penyakit tulang. Itu disebabkan mereka terlalu sering duduk.
“Cobalah pergi ke luar kantor. Biarkan tubuhmu terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D. Itu akan membuat tubuhmu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan,” katanya.
Menurut Nicola, pekerja kantoran sebaiknya mendapatkan sinar matahari selama 15 menit setiap hari.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar