Senin, 10 Juni 2019

Rest Area Penyebab Kemacetan di Jalan Tol?

Back To News - alam arus mudik dan balik lebaran 2019, cukup banyak perbincangan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP). Hal itu menyusul beralihnya kemacetan lalu lintas dari jalan non tol seperti pantura sejak jalan tol Trans Jawa terhubung.
Rest area adalah tempat istirahat yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum bagi pengguna jalan tol. Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan hendaknya para pemudik bisa mengukur kemampuan badannya saat lelah dan tidak mengandalkan rest area.
"Keberadaan TIP pada jalan tol di saat mudik tidak menenuhi atau menampung kebutuhan semua pemudik yang mau beristirahat atau keperluan lain," ujar Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima AkuratOtomotif, Senin (10/6/2019).
Ia menyarankan agar pemudik lebih memilih keluar gerbang tol untuk beristirahat saat lelah ketimbang memasuki rest area. Pasalnya, Djoko mengungkapkan dampak dari hampir semua pemudik mau masuk rest area yakni menimbulkan antrian panjang dan kemacetan di ruas tol.
Pemudik bijak, tutur dia, tentunya dapat berpikir cerdas dengan tidak memaksa beristirahat di rest area. "Beristirahat keluar tol lebih bijak ketimbang berantri masuk ke TIP yang belum jelas kapan kosongnya," tandas Djoko yang juga Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar