Senin, 02 September 2019

Agar Tidak Mendapatkan Hasil Zonk, 4 Cara Memilih Semangka Manis dan Matang

Back To News - Memilih buah yang segar, manis, dan matang juga perlu beberapa tips supaya tidak zonk saat membelinya. Jangan sampai dilihat dari luar kulitnya bagus, mulus, berwarna cerah, berat tapi di dalamnya malahan tidak manis.
Apalagi saat memilih semangka, sering kali kita merasa tertipu dengan warna hijaunya yang cerah, berat, dan juga bentuknya yang besar. Daripada nanti salah lagi, ini ada beberapa tips yang dilansir AkuratKuliner dari thedailymeal, Senin (2/9).
1. Jangan sampai tertipu bentuknya
Hindari semangka yang terlihat penyok atau bentuknya tidak teratur. Jika ingin tetap membelinya walau tidak ada pilihan lain, coba pilih bnetuk yang tidak begitu penyok, rusak, atau agak sedikit lunak.
2. Rasakan berat semangka
Semangka matang akan terasa lebih berat dari semangka yang kurang matang. Berat ekstra ini merupakan indikator yang bagus bahwa semangka itu penuh air (tidak kering). Bandingkan semangka berbeda yang ukurannya kira-kira sama, kemudian tetap pilih yang terberat.
3. Harus tahu warna semangka yang benar
Jika semanga mempunyai bintik kuning yang ada di satu sisi semangka, berarti menunjukan bahwa buah tersebut ditanam di tanah yang tumbuh, dan bagus sehingga terasa matang. Semakin kuning, makin bagus dan matang. Lain hal dengan semangka berwarna pucat, atau putih. Artinya, itu belum matang dengan sempurna.
4. Cek semangka dengan mengetuknya
Ini dalah teknik yang cukup terkenal dan biasa dilakukan. Jadi, cukup ketuk semangka yang kamu pilih dengan kuku jari dan perhatikan bunyinya. Suara yang dalam, dan agak terasa padat menandakan bahwa buahnya tidak cukup matang.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar