Senin, 02 September 2019

Sebaiknya Jakarta Disatukan dengan Jawa Barat Menjadi Jawa Barat Raya Dikarenakan Ibu Kota Sudah Resmi Pindah

Back To News - Mantan Bupati Purwakarta, Jawa BaratDedi Mulyadi mengatakan sebaiknya Jakarta disatukan dengan Jawa Barat jika rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur sudah terealisasi. 
Jika Jakarta bergabung dengan Jawa Barat, ia mengusulkan nama yaitu Jawa Barat Raya. Pun demikian dengan ibu kota provinsinya, tidak lagi di Kota Bandung. Melainkan dipindah ke Jakarta
"Ini sekaligus mengakomodir keinginan Kota Bekasi, Depok dan daerah lain yang ingin bergabung ke DKI Jakarta karena persamaan kultur," kata Dedi melalui akun twitter @DediMulyadi, Senin (2/9/2019).
Menurut Dedi, rencana pemindahan Ibu Kota saat ini tinggal menunggu persetujuan DPR untuk dibahas menjadi Undang-Undang. Kata dia, pemindahan Ibu Kota akan berdampak pada berbagai aspek, baik sosial, ekonomi dan kultur politik di Jakarta
"Sehingga, diperkirakan akan terjadi perpindahan penduduk dari Jakarta ke Kalimantan Timur sebanyak lebih dari 2,5 juta penduduk," ujar Dedi.
Jika itu terjadi, lanjutnya, maka Jakarta akan kembali menjadi kota perdagangan dan pusat pelabuhan sebagaimana tertulis dalam perjanjian antara Kerajaan Padjadjaran bersama Pemerintahan Portugis.
"Tiruan prasasti perjanjian itu kini tersimpan di Museum Fatahillah. Jika kita menyelami berbagai koleksi di musem itu, justru banyak sekali artefak sejarah yang berasal dari peradaban Sunda," tutur Dedi. 
Sebab itu, ia mengusulkan agar Jakarta tak lagi berdiri sendiri seperti yang terjadi selama ini. Melainkan mesti digabung dengan Jawa Barat.
Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah memtuskan serta mengumumkan secara terbuka kepada publik bahwa Ibu Kota negara akan pindah ke Kalimantan Timur, tepatnya sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun, belum dijelaskan secara detail kapan rencana tersebut akan direalisasikan.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar