Senin, 27 Mei 2019

Belum Banyak Masjid Ramah Disabilitas

Back To News - Semua orang tak terkecuali penyandang disabilitas memiliki kewajiban untuk beribadah. Terutama umat Muslim yang ingin beribadah ke masjid, ternyata saat ini masih banyak yang mengeluh karena tidak ada fasilitas memadai untuk mereka. 
Seperti Arya Prasetyo Habibi, warga Bekasi, Jawa Barat. Salah satu penyandang disabilitas yang saat ini menggunakan kursi roda akibat kecelakaan kerja pada tahun 2014 silam. Ia bercerita masih banyak masjid yang belum menyediakan akses khusus untuk disabilitas. 
 
"Memang masih belum banyak akses, di Bekasi saya belum tahu, terutama akses untuk jalan dan pengambilan wudhu," katanya kepadaAkuratHealth di Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin, (27/5). 
 
Beda dengan masjid yang ramah disabilitas di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan yaitu Masjid El-Syifa. Masjid ini memberikan fasilitas yang memadai bagi penyandang disabilitas, terutama tempat wudhu yang memang berbeda berbeda dengan orang normal. 
 
"Saya baru tahu ada masjid ramah disabilitas
 Di sini ada tempat wudhu seperti shower untuk akses cuci tangan dangan kaki," lanjutnya.
Pria berumur 28 tahun ini bercerita langsung kepada AkuratHealth susahnya beribadah di Masjid. Bahkan ia pernah menjalankan ibadah di parkiran. Akan tetapi sampai saat ini, masyarakat banyak yang peduli dan membantunya.
"Pernah sholat di parkiran, karena pas masuk itu masjidnya ada tangganya jadi saya mundur. Tapi alhamdulillah dibantu oleh masyarakat," jelasnya.
Sama dengan beberapa disabilitas yang lain, ia menaruh harapan besar terutama kepada pemerintah agar berkerjasama dengan Kementerian Agama untuk lebih banyak memberikan akses bagi penyandang disabilitas ini.
 
"Semoga lebih banyak masjid yang memiliki fasilitas untuk disabilitas, terutama pemerintah agar kerjasama dengan Kementrian Agama," pungkasnya.[]


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar