Senin, 08 Juli 2019

Cara Jitu Mengetahui Jika Terkena Phishing? Mari Kita Cari Tahu Taktik Seorang Phishing

Back To News - Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Merupakan salah satu cara lama dari serangan siber.
Hal ini masih menjadi ancaman nyata seiring dengan teknik yang digunakan semakin canggih. Penipuan dan berita bohong yang berkembang semakin meyakinkan serta terus ada di perbincangan dan interaksi kita di dunia maya.
Ada banyak bentuk phishing, seperti pesan teks, email, profil media sosial, dan situs web palsu. Biasanya, penipu akan mengirimkan pesan yang seolah-olah berasal dari perusahaan ternama atau berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal.
Kepada AKURAT.CO, Facebook Indonesia pada hari Senin, (8/7), memberikan informasi tentang bagimana cara mengetahui jika seseorang terkena phising.
Taktik phishing yang paling umum digunakan biasanya menargetkan sisi emosional orang dengan tujuan untuk mengelabui, diantaranya seperti berikut ini:
1. Harga rendah dalam waktu yang terbatas
Menawarkan diskon menarik untuk merek yang Anda sukai. Informasi tersebut mungkin mengandung tautan ke peritel online palsu dan membuat Anda melakukan pembelian.
Ketika Anda mengkliknya, Anda diarahkan ke situs web palsu atau dibuat mengunduh malware yang mencuri informasi. Seringkali pesan phishing ini meminta Anda untuk melakukan tindakan segera atau memberikan data pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit.
2. Saya sangat membutuhkan pertolongan Anda
Seseorang mengaku sebagai salah satu kerabat atau teman Anda mengirimkan pesan bahwa ia sedang dalam masalah dan membutuhkan dana.
Ketika Anda membalas pesan tersebut, penipu akan memanfaatkan kebaikan Anda dan memancing Anda untuk mengirimkan uang atau memberikan data pribadi.
3. Anda sangat menawan
Seseorang mengirimkan Anda pesan romantis dengan harapan untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Waspadalah, akhir dari taktik ini adalah untuk membuat Anda mengirimkan mereka uang.
4. Selamat, Anda menang!
Pesan seperti ini mengklaim bahwa Anda telah memenangkan lotre, namun itu hanyalah pancingan dan untuk mendapatkan 'hadiah' tersebut Anda harus membayar biaya keanggotaan atau membagikan data pribadi.
Pesan ini biasanya mengandung kesalahan kata dan tata bahasa, jika diperhatikan lebih jauh, pesan ini juga memiliki tautan palsu. Mirip tautan web yang mengandung nama perusahaan atau brand, namun terdapat kesalahan dalam pengejaan.
5. Akun Anda telah diretas, namun kami bisa membantu.
Taktik ini mengklaim bahwa salah satu akun online Anda telah disusupi atau dihapus. Kabar baiknya, pengirim pesan dapat membantu Anda dengan syarat Anda harus memberikan data pribadi.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar