Jumat, 26 Juli 2019

Sekiranya ada 150 Orang yang Tenggelam di Laut Mediterania

Back To News - Banyak pengungsi dan migran tenggelam karena perahu karet mereka bocor di lepas pantai Libya, Laut Mediterania. Juru bicara penjaga pantai Libya, Ayoub Qasim, menjelaskan bahwa dua perahu membawa sekitar 300 orang tenggelam sekitar 120 km timur ibu kota Tripoli, dan 134 orang lainnya berhasil diselamatkan.
Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan di Twitter bahwa lebih dari 150 orang dikhawatirkan tenggelam saat 145 orang diselamatkan dan kembali ke Libya setelah insiden itu.

Juru bicara badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR), Charlie Yaxley, menyatakan para korban selamat dibawa oleh nelayan lokal dan dibawa ke pantai oleh penjaga pantai Libya. 

“Kami perkirakan 150 migran kemungkinan hilang dan tewas di laut. Korban tewas termasuk wanita dan anak,” kata dia, dilansir Al Jazeera.

 “Tragedi Mediterania terburuk tahun ini baru saja terjadi,” ujar Filippo Grandi, komisioner tinggi untuk pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Grandi meminta negara-negara Eropa kembali melakukan misi penyelamatan di Mediterania yang dihentikan setelah keputusan Uni Eropa (UE). Dia juga meminta diakhirinya penahanan migran di Libya. 

Qasim menjelaskan, sebagian besar orang yang diselamatkan dari laut berasal dari Ethiopia dan lainnya warga Palestina dan Sudan. []


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar