Jumat, 27 Maret 2020

Wajib Tahu, Ini Fakta dan Gejala Hantavirus yang Mirip CoronaWajib Tahu, Ini Fakta dan Gejala Hantavirus yang Mirip Corona

Back To News - Wabah Corona Covid-19 masih sedang kencang-kencangnya. Tapi kini, sudah muncul virus baru yaitu Hantavirus yang juga berasal dari China. Bahkan beredar kabar di dunia maya, virus ini menyerupai Covid-19. 
Mengenal Hantavirus, virus ini disebarkan oleh hewan pengerat. Terdapat beberapa jenis Hantavirus yang dapat menyebabkan penyakit, yang dikenal sebagai Hantavirus pulmonary syndrome, dengan penyakit pernapasan yang dimulai dengan gejala yang mirip dengan flu.
Hantavirus dapat menyebar melalui binatang ke manusia. Tetapi, tidak dapat menyebar melalui manusia ke manusia. Tentu, kondisi ini menjadi lebih baik karena berbada dengan Corona Cqovid-19 yang bisa menular antar manusia. 
Maka, beberapa kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan hewan dapat membuat keadaan menjadi tidak baik sehingga berisiko mengalami Hantavirus
Jika kurang menjaga kebersihan rumah atau halaman yang menyebabkan ada sarang tikus, bisa memicu ini. Selain itu, membiarkan gudang atau bangunan yang ditutup terlalu lama juga bisa menjadi pemicunya, termasuk para petani yang kerap berada di lumbung padi juga rentan.
Beberapa gejala akan muncul ketika kamu terinfeksi Hantavirus, seperti demam tinggi dan sakit kepala, menggigil, kram di perut, dan setelah 10 hari dapat menyebabkan kegagalan pernapasan. 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bawah kasus infeksi Hantavirus ke manusia biasanya terjadi di daerah perdesaan, hutan, kandang dan di perternakan, dimana lebih memungkinkan hadirnya tikus sylavaric yang membawa virus tersebut.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar