Rabu, 04 Maret 2020

Jahe dan Temulawak Mampu Tingkatkan Imun, Bukan Atasi Virus Corona

Back To News - Baru-baru ini beredar kabar mengenai konsumsi minuman herbal dari Jahe dan Temulawak dapat berguna untuk menangkal Virus Corona COVID-19 yang sedang mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia.
Kabar ini pun bukan sembarangan disampaikan, karena merupakan penelitian seorang profesor asal Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Prof. Dr. drh Chairul Anwar Nidom.

Menanggapi hal ini, dr. Ifa Nur Diwani menyampaikan bahwa belum ada kajian atau bukti ilmiah yang membenarkan Jahe dan Temulawak dapat atasi Virus Corona COVID-19.

"Jahe dan Temulawak sendiri sebenarnya bukanlah suatu obat penyembuh terhadap Virus Corona, karena sampai sekarang belum ada bukti pasti kebenarannya," jelas dr. Ifa ketika dihubungi AkuratHealth pada Selasa (3/3).

Menurut dr. Ifa, ramuan seperti Jahe dan Temulawak cenderung digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh agar tetap fit, dan tidak lemas sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh meningkat, hal tersebut memang dapat menangkal virus dan kuman penyakit, seperti halnya Virus Corona COVID-19.

Jika seseorang terkena Virus Corona COVID-19, maka ia bisa sembuh apabila memiliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga anggapan Jahe dan Temulawak dapat menangkal virus yang menyebar pesat di Wuhan, China, tersebut masih rancu.

"Kalau untuk pengobatannya sendiri untuk Virus Corona memang belum ada. Dokter akan melakukan tindakan medis sesuai keluhan yang sedang dialami," tutupnya.



Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar