Rabu, 04 Maret 2020

Waspada, Stres Pengaruhi Imunitas Tubuhmu Lho

Back To News - Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, Tekanan, atau situasi tidak nyaman. Stres dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, dan kecewa.
Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap Stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan Tekanan darah meningkat.

Perlu Kamu ketahui, Stres dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi melemah, sehingga mudah terserang penyakit. Namun mengapa demikian? Berikut penjelasan Dr. Ifa Nur Diwani kepada AkuratHealth ketika dihubungi pada Selasa (3/3).

"Stres memengaruhi sistem kekebalan tubuh menurun karena sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan," jelasnya.

Saat sistem imun berkerja keras mempertahankan tubuh dari ancaman serangan virus dan kuman penyakit, Stres malah bisa mengubah cara kerja sistem imun secara otomatis, sehingga imunitas menjadi melemah membuat penyakit tak terbendung untuk masuk ke tubuh.

Stres berat yang berlebihan atau berjalan lama akan membuat tubuh letih, sehingga pada akhirnya akan turut melemahkan penyediaan hormon adrenalin dan menurunkan sistem imun.

Dokter Ifa mengatakan bahwa Stres memiliki keterkaitan satu sama lain antara kondisi psikologi dengan sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh manusia yang disebut dengan psikoneuroimunologi.

Orang yang Stres mengakibatkan dirinya lebih mudah sakit. Stres bisa menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit berupa menurunnya sel-sel yang bertugas untuk melawan penyakit dan sulit sembuh.

"Saat Stres maka tubuh akan memasuki fase yang berbeda sehingga mengikis kemampuan imun untuk menjaga tubuh dari berbagai virus, kuman dan bakteri yang masuk. Jadi korelasi Stres menurunkan imun begitu," tutupnya.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar